Ada banyak bahan-bahan atau material bangunan yang biasa digunakan untuk keperluan membangun rumah atau bangunan-bangunan lainnya. Umumnya orang-orang mengenal material-material seperti batu, pasir, atau semen. Namun tahukah Anda material beton instan seperti beton instan Indokon?
Berikut penjelasan mengenai beton instan dan keunggulan beton instan jika dibanding beton jenis lainnya.

  1. Pengertian beton instan
    Di masa saat ini orang-orang menginginkan segala proses bisa berjalan lebih cepat dan efisien, tidak terkecuali dalam proses pengerjaan suatu bangunan atau rumah. Ini membuat permintaan akan beton instan seperti beton instan Indokon terus meningkat. Beton instan sendiri merupakan material bahan bangunan berupa semen instan yang sudah siap untuk langsung digunakan.

Komposisi material ini terdiri dari bahan-bahan seperti semen, pasir, agregat, serta aditif. Campuran yang sudah solid ini dikemas dalam kemasan karung. Seluruh komposisi dan bahan dari beton instan ini sudah melalui perhitungan yang tepat untuk dipakai sebagai bahan bangunan sehingga Anda hanya perlu menambahkan air ketika akan menggunakannya.

  1. Tipe-tipe beton instan
    Beton instan memiliki beberapa varian tipe yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda. Tipe pertama yaitu B0. Tipe ini digunakan untuk penggunaan Lean Concrete K 175. Beton tipe ini digunakan untuk pekerjaan pengecoran non struktur, misalnya sloof.

Tipe kedua adalah tipe K 225 – K 550 atau K-100 sampai K-500. Beton tipe ini bisa digunakan untuk kebutuhan struktur bangunan, misalnya balok, kolom, plat lantai, atau juga dinding beton. Tipe yang terakhir adalah tipe mutu khusus. Spesifikasi beton tipe ini bisa disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan.

  1. Kelebihan beton instan
    Ada banyak keunggulan beton instan dibanding dengan beton jenis lainnya. Beton jenis ini lebih praktis digunakan karena hanya perlu dicampur air sehingga membuat pekerjaan bisa lebih cepat. Kualitas dari beton ini juga sudah pasti terjamin karena konsistensi pencampuran yang dilakukan para tenaga ahli di pabrik, sementara jika Anda harus mencampurkan berbagai bahan secara manual Anda bisa saja melakukan perhitungan yang tidak tepat.

Menggunakan beton ini juga membuat lokasi pembangunan lebih bersih karena tidak menimbulkan banyak debu. Ini membuat beton instan dianggap lebih ramah lingkungan dan lebih bagus untuk kesehatan. Bahan ini juga terbilang fleksibel karena bisa Anda gunakan untuk menjangkau area pembangunan yang sulit.

Berbagai pilihan tipe beton ini juga memudahkan Anda untuk mendapatkan pilihan beton yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beton ini juga memiliki kualitas yang sangat baik karena bisa tahan terhadap air dan arus listrik.

  1. Cara penggunaan beton instan
    Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, beton instan sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Anda hanya perlu menuangkan beton ini ke dalam suatu wadah atau tempat. Kemudian aduk dengan merata hingga semua bahan benar-benar tercampur.

Untuk proses pengadukan ini, Anda bisa menggunakan mesin pengaduk atau molen kecil agar bahan-bahan tersebut dapat teraduk sempurna. Setelah itu tambahkan air dengan takaran yang sesuai yang bisa Anda lihat pada kemasan beton instan. Setelah ditambahkan air, kembali aduk beton tersebut hingga merata. Setelah bahan tercampur rata, beton instan sudah siap untuk Anda gunakan.

Itulah pengertian serta keunggulan beton instan untuk material bangunan Anda. Anda bisa mendapatkan berbagai beton instan berkualitas seperti beton instan Indokon di berbagai toko material bangunan atau bahkan yang dijual secara online.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*