Cara Mengganti Font Gratis untuk Meningkatkan Tampilan Visual

Hello Sobat Blognikki, apakah kamu pernah merasa bosan dengan tampilan font yang itu-itu saja? Atau mungkin kamu ingin mengganti font pada website atau blogmu agar tampilan lebih menarik? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengganti font gratis yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1. Menggunakan Google Fonts

Google Fonts adalah salah satu situs yang menyediakan banyak sekali pilihan font gratis yang bisa kamu gunakan. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa mengunjungi situs Google Fonts dan pilih font yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa menyalin kode CSS yang diberikan dan memasukkannya ke dalam file HTML. Dengan begitu, font pada website atau blog kamu akan berubah sesuai dengan yang kamu pilih.

2. Menggunakan Font Squirrel

Situs yang satu ini juga menyediakan banyak pilihan font gratis yang bisa kamu gunakan. Caranya pun hampir sama dengan Google Fonts, kamu bisa memilih font yang kamu inginkan dan menyalin kode CSS-nya ke dalam file HTML. Namun, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu lisensi dari font yang kamu pilih agar tidak melanggar hak cipta.

3. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Komputer

Ternyata, font yang sudah ada di komputer kamu juga bisa digunakan untuk mengganti font pada website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menuliskan nama font yang ingin kamu gunakan di dalam file CSS dan font tersebut akan otomatis terpasang di website atau blog kamu. Namun, pastikan bahwa font yang kamu gunakan adalah font yang legal dan tidak melanggar hak cipta.

4. Menggunakan Plugin untuk WordPress

Bagi kamu yang menggunakan platform WordPress, ada banyak plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengganti font dengan mudah. Beberapa plugin yang bisa kamu coba antara lain Easy Google Fonts, Use Any Font, dan Google Fonts Typography. Kamu bisa memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

5. Menggunakan CSS Framework

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan penggunaan CSS Framework seperti Bootstrap atau Foundation, kamu juga bisa menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh framework tersebut untuk mengganti font. Kamu bisa mengubah font pada seluruh website atau blog kamu dengan hanya mengubah beberapa baris kode CSS.

6. Menggunakan Adobe Fonts

Jika kamu mencari font yang lebih profesional dan unik, kamu bisa mencoba menggunakan Adobe Fonts yang menyediakan ribuan font berkualitas tinggi. Namun, untuk menggunakan Adobe Fonts kamu perlu berlangganan dan membayar biaya bulanan atau tahunan. Namun, jika kamu memang membutuhkan font yang berkualitas tinggi, mungkin biaya yang dikeluarkan sepadan dengan hasil yang didapatkan.

7. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Google Docs

Jika kamu sering menggunakan Google Docs, kamu pasti sudah mengetahui bahwa Google Docs menyediakan banyak pilihan font yang bisa kamu gunakan. Nah, font yang sudah ada di Google Docs juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Google Docs dan memasukkannya ke dalam file HTML.

8. Mencari Font Gratis di Situs Lain

Selain situs yang sudah disebutkan di atas, masih banyak situs lain yang menyediakan font gratis yang bisa kamu gunakan. Beberapa situs yang bisa kamu coba antara lain DaFont, FontSpace, dan 1001 Free Fonts. Namun, pastikan bahwa font yang kamu gunakan adalah font yang legal dan tidak melanggar hak cipta.

9. Menggunakan Font yang Sudah Ada di CSS Framework

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CSS Framework seperti Bootstrap atau Foundation menyediakan banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengganti font. Beberapa framework bahkan sudah menyediakan font yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa memilih font yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

10. Menggunakan Fitur Built-in pada CMS

Jika kamu menggunakan CMS seperti WordPress atau Joomla, kamu bisa menggunakan fitur built-in pada CMS tersebut untuk mengganti font. Fitur tersebut bisa kamu temukan di menu Appearance atau Template. Kamu bisa mencoba fitur tersebut untuk mengganti font di website atau blog kamu.

11. Mencari Font di Google Search

Jika kamu belum menemukan font yang kamu inginkan di situs-situs yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencari font di Google Search. Kamu bisa mengetikkan keyword “free font” atau “download font gratis” di Google Search dan akan muncul banyak situs yang menyediakan font gratis yang bisa kamu gunakan.

12. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Adobe Photoshop atau Illustrator

Bagi kamu yang sering menggunakan Adobe Photoshop atau Illustrator, kamu pasti sudah punya koleksi font yang cukup banyak. Nah, font yang sudah ada di Photoshop atau Illustrator juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Photoshop atau Illustrator dan memasukkannya ke dalam file HTML.

13. Mencari Font di Situs-situs Desain Grafis

Selain situs yang sudah disebutkan di atas, masih banyak situs-situs desain grafis seperti Behance atau Dribbble yang menyediakan font gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mencari font di situs-situs tersebut dan memilih font yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

14. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Microsoft Word

Bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Word, kamu pasti sudah punya koleksi font yang cukup banyak. Nah, font yang sudah ada di Microsoft Word juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Microsoft Word dan memasukkannya ke dalam file HTML.

15. Membuat Font Sendiri dengan FontForge

Jika kamu memiliki keahlian dalam desain grafis, kamu bisa mencoba membuat font sendiri dengan FontForge. FontForge adalah sebuah software desain grafis yang bisa kamu gunakan untuk membuat font dari awal. Kamu bisa mencoba membuat font sendiri dan menggunakannya pada website atau blog kamu.

16. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Canva

Jika kamu sering menggunakan Canva untuk desain grafis, kamu pasti sudah mengetahui bahwa Canva menyediakan banyak pilihan font yang bisa kamu gunakan. Nah, font yang sudah ada di Canva juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Canva dan memasukkannya ke dalam file HTML.

17. Menggunakan Font yang Sudah Ada di CorelDRAW

Bagi kamu yang sering menggunakan CorelDRAW, kamu pasti sudah punya koleksi font yang cukup banyak. Nah, font yang sudah ada di CorelDRAW juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari CorelDRAW dan memasukkannya ke dalam file HTML.

18. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Sketch

Bagi kamu yang sering menggunakan Sketch, kamu pasti sudah punya koleksi font yang cukup banyak. Nah, font yang sudah ada di Sketch juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Sketch dan memasukkannya ke dalam file HTML.

19. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Affinity Designer

Bagi kamu yang sering menggunakan Affinity Designer, kamu pasti sudah punya koleksi font yang cukup banyak. Nah, font yang sudah ada di Affinity Designer juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Affinity Designer dan memasukkannya ke dalam file HTML.

20. Menggunakan Font yang Sudah Ada di Inkscape

Bagi kamu yang sering menggunakan Inkscape, kamu pasti sudah punya koleksi font yang cukup banyak. Nah, font yang sudah ada di Inkscape juga bisa kamu gunakan untuk mengganti font di website atau blog. Caranya pun cukup mudah, kamu bisa menyalin kode CSS dari Inkscape dan memasukkannya ke dalam file HTML.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengganti font pada website atau blog kamu. Mulai dari menggunakan Google Fonts atau Font Squirrel, mengambil font yang sudah ada di komputer atau CMS, hingga membuat font sendiri dengan FontForge. Namun, pastikan bahwa font yang kamu gunakan adalah font yang legal dan tidak melanggar hak cipta. Dengan mengganti font, kamu bisa meningkatkan tampilan visual dari website atau blog kamu sehingga lebih menarik dan profesional.