Mana Yang Lebih Efisien, Aplikasi Absensi Online Untuk Karyawan Atau Yang Manual?

Sejak munculnya aplikasi absensi online untuk karyawan, beberapa perusahaan sudah meninggalkan absensi manual. Banyak yang menganggap bahwa absensi online jauh lebih efisien dan menguntungkan jika dibandingkan dengan absensi manual. Apalagi jika yang sudah merasakan manfaatnya, tentu tidak akan memilih untuk kembali menggunakan absensi manual.

Sebuah perusahaan tentu memang membutuhkan data absensi yang valid dan akurat. Nah dikatakan bahwa absensi online punya cara kerja yang membuat data lebih akurat. Berikut beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari penggunaan absensi manual dan online.

 

  • Masalah Penghematan Waktu

Ketika memilih untuk menggunakan sistem absensi online dibanding absensi manual maka yang didapatkan adalah tentu saja penghematan waktu. Karena pengerjaannya harus di tempat atau di kantor sehingga misalnya pekerja lapangan arus bolak-balik ke kantor dan ke lokasi kerja.

Selain itu untuk pengoperasian  manual biasanya menggunakan kertas dengan form yang sangat sederhana. Misalnya hanya tercantum informasi nama dan keterangan jam masuk kerja dan keluar. Selain itu penggunaan absensi manual membuat karyawan harus datang ke kantor setiap hari. Tentu hal seperti ini tidak fleksibel bagi karyawan yang memang bekerja di lapangan, karena jadi harus bolak-balik.

Selanjutnya penggunaan absensi manual sangat berbeda dengan sistem online. Karena pembuatan rekapitulasi data akhirnya juga harus manual dengan bantuan manusia. Berbeda sekali dengan absensi online yang rekapannya langsung muncul sehingga tidak perlu dua kali kerja.

  • Adanya Pengurangan Anggaran Biaya

Aplikasi absensi online untuk karyawan dibeli dari layanan penyedia absensi online, dengan sekali saja waktu pembayaran pembayaran setiap bulan. Mengurangi anggaran pembelian kertas setiap bulannya untuk membuat absen manual. Tidak hanya penghematan kertas saja tapi juga tinta printer untuk mencetak form absensi.

Meskipun jika berbicara dari segi biaya tentu ada yang namanya biaya bulanan dan pemeliharaan untuk aplikasi online. Tapi jika dihitung tetap saja lebih murah menggunakan absensi online dibanding manual.

  • Data Yang Diperoleh Lebih Valid

Attendance management software sangat canggih dan bisa dibilang data yang dikeluarkan akurat. Sehingga tentu saja mengurangi yang namanya faktor kesalahan manusia.

Absensi manual direkap oleh SDM yang tentu saja bisa punya kehilafan. Sehingga mampu mengurangi terjadinya human error. Di sisi lain juga dengan adanya absensi online maka meminimalisir terjadinya kecurangan absen  karyawan yang sering disebut titip absen.

  • Kemudahan Untuk Para Karyawan

Pada absensi manual tentu hanya terdapat data absensi saja. Berbeda dengan absensi online yang tidak hanya berisi absensi saja tapi juga pengelolaan cuti dan libur karyawan. Bahkan para karyawan bisa mengajukan cuti  dan libur lewat aplikasi absensi online.

Hal ini tentu saja membantu karyawan lebih mandiri dan lebih cepat dalam pengajuan cuti atau libur. Tidak perlu menunggu lama untuk menerima persetujuan dari atasan, jadi ketika keadaan darurat pengajuan cuti bisa lebih cepat dilakukan.

 

 

Jadi anda sekarang sudah tahu perbedaan absensi online dan manual lalu apa saja kelebihannya. Jika dilihat-lihat tentu lebih efisien penggunaan absensi online daripada manual. Nah bagi Anda yang sedang mencari aplikasi absensi online untuk karyawan, maka bisa memilih untuk menggunakan Dokodemo-Kerja. Aplikasi absensi online ini valid dan akurat serta sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan. Selain aplikasinya akurat, Dokodemo-Kerja juga dikenal dengan harganya yang biayanya 1 juta perbulan.