Termometer merupakan sebuah alat pengukur suhu, temperatur atau perubahan suhu. Pada umunya termometer dipakai untuk mengukur suhu terutama suhu badan manusia. Akan tetapi, kegunaan termometer mempunyai peran dan fungsi yang berbeda tergantung pada jenis termometer yang digunakan. Dalam kehidupan manusia, termometer dapat dipakai dalam membantu diberbagai aktifitas diantaranya, pada industri, dunia medis dan ilmu penelitian. Adapun beberapa penjelasan, manfaat dan jenis termometer yang perlu anda ketahui diantaranya

Apa itu termometer ?

Termometer adalah sebuah alat pengukur suhu, temperature dan dapat mengukur perubahan suhu. Termometer diciptakan dengan berbagai bentuk dan jenis serta dapat berguna dan mempunyai fungsi yang berbeda tergantung jenisnya. Termometer bisa dipakai dalam mengukur besaran suhu, gas, cair, udara. Namun, terdapat tiga satuan suhu yang sangat umum diantaranya adalah farenhait, celcius, dan kelvin. Pada fungsinya sebenerny termometer dapat dipakai dalam beberapa hal termasuk dalam industri, penelitian ilmiah dan pada dunia medis. Akan tetapi banyak orang yang beranggapan termometer hanya dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia.

Termometer mempunyai beragam macam jenis dan setiap jenis termometer mempunyai manfaat dan kegunaan yang berbeda. Adapun jenis-jenis termometer yang perlu anda ketahui diantaranya

  • Termometer inframerah
  • Termometer digital
  • Termometer basal

1. Termometer inframerah

Termometer inframerah seringkali disebut sebagai termometer laser karena menggunakan laser untuk membantu mengarahkan termometer. termometer inframerah bahaya atau tidak jika dipakai untuk mengukur suhu tubuh? Pada termometer inframerah tidak menggunakan sinar X dan hal itu membuat termometer tidak berbahaya dan tidak berisiko menyerang kulit atau merusak retina.

2. Termometer digital

Termometer digital merupakan sebuah bentuk termometer yang mempunyai bentuk minimalis yang terbuat dari bahan plastic dan dapat digunakan untuk mengukur suhu melalui anus, ketiak dan mulut. Termometer digital diciptakan sebagai bentuk termometer masa kini yang perlahan-lahan dapat menggantikan termometer air raksa.

3. Termometer basal

Termometer basal adalah sebuah termiometer yang dapat dipakai oleh para wanita dalam mengukur susu basal atau mengukur suhu setelah ovulasi atau saat masa subur sedang berlangsung.